Anda Peselancar atau Orang Baru Belajar Renang ?

Hari ini , Senin 11 – Januari – 2021, di WA Group iseng yang hanya berisi 3 orang teman, tiba – tiba terlintas pikiran diatas. Hal itu di picu oleh semakin gila dan antusiasnya orang masuk di pasar saham akhir – akhir ini, jika ditanya apa pemicunya? tentu saja saya tak tau karena tak ada data yang saya bisa baca, tapi klo obrolan warung kopi bisa jadi kira – kira begini:

  • Orang masih punya uang tapi bingung mau dibuat apa

Investor ritel yang lagi ada atau kebanyakan duit nih, liat temen, story IG atau portal berita pada ngomongin saham akhirnya mulai cari tau apa dan bagaimana cara pasar saham bekerja bahkan bisa jadi ikut workshop – workshop maupun beli analisa emiten – emiten. namanya masih punya duit, ya bebas bebas aja.

  • Orang yang sudah sedikit uangnya, tapi bingung cari pekerjaan apa

Investor tipe ini juga ada, bisa jadi baru kena PHK, usaha meredup seiring dengan kondisi pandemik yang belum membaik dan bisa jadi ikut mencoba peruntungan di pasar saham.

Meski kadang banyak alasan masuk saham tetapi kalau diklasifikasi berdasarkan analisa warung kopi bisa jadi hanya mengerucut ke 2 kategori diatas. Dan tagar #yuknabungsaham yang dulu digalakkan seakan menuai hasil di tengah kondisi pandemik ini.

lha fenomena ini kadang juga menjadi selipan isue di group , antara senang dan khawatir. senang karena kadang kita ga tau lagi ada sentimen apa yang membuat emiten yang kita pegang melambung, bahkan ustadz, anak presiden dan artis – artis ikut bicara mengenai pasar saham. Seorang LKH seperti kalah aktif dalam memperbincangkan saham, yang kadang hanya setor namanya di portal berita bahwa beliau punya saham A, B atau C. bahkan kadang ada yang secara terang – terangan maupun tersirat mengajak untuk membeli saham tertentu dengan alasannya masing – masing. di sisi lain ada khawatir juga, bagaimana investor baru yang belum tentu semua teredukasi dengan baik dalam bermain saham tiba – tiba menjadi cukup aktif atau bisa jadi all in hanya bermain di pasar saham dengan harapan yang cukup tinggi, bagaimana jika mereka merasakan bantingan, nyangkut atau cuci piring. Apakah mereka sudah punya strategi yang cukup untuk menghadapinya, baik itu cut loss, avd atau apapun itu. Dan hal ini akan semakin berat jika terkena pada tipe investor yang kedua.

Kondisi pasar saham saat ini memang banyak menarik minat, apalagi beberapa hari ini ihsg udah di atas 6000 an, yang masuk dari beberapa bulan lalu, bisa jadi udah merasakan keuntungan puluhan atau ratusan % dan mungkin kisah sukses itu yang menjadi triger atau pemanis ditengah kondisi dunia usaha yang belum sepenuhnya recovery. Ombak ihsg sedang asik dan menggoda bagi peselancar, bermain di gulungan ombak dan berhasil bermanuver dengan baik merupakan kepuasan bagi seorang peselancar. tetapi banyak yang tidak sadar diri, apakah diri mereka seorang peselancar atau seorang yang baru belajar untuk berenang?

lihat Disclaimer

Leave a comment