Kenapa kita lebih mudah invest di saham daripada bikin usaha dengan teman ?

Jika setelah membaca tulisan ini anda berharap menemukan alasan – alasan atau pendapat yang mendukung bahwa anda menemukan kemudahan melakukan investasi di dunia saham, maka sebaiknya anda kembali searching tulisan atau artikel yang mendukung keinginan anda tersebut, karena tulisan ini justru mempertanyakan kenapa salah satu alasan banyak orang melakukan invest di saham adalah merasa mudah untuk melakukannya.

Tulisan ini dibuat sebagai pengingat penulis atas apa yang telah dipelajari selama ini. Banyak diantara kita memilih saham sebagai sarana investasi karena berbagai kemudahan untuk melakukan investasi, lalu apakah benar demikian? Jawaban jujur dari penulis adalah Tidak. Jika yang dimaksud kemudahan administrasi, memang saat ini ritel banyak diberi kemudahan untuk mendaftar bahkan hanya dalam hitungan menit melalui perusahaan-perusahaan sekuritas yang memang fokus menggarap pasar ritel, tetapi bukankah juga mudah untuk menyerahkan uang anda ke teman untuk membuat usaha misalnya buka warkop atau warung makan? tetapi untuk melakukan opsi kedua hampir pasti anda semua akan berpikir macam – macam sebelum memutuskan untuk melakukannya, misalnya: bagaimana teman anda tersebut? prospek atau tidak usaha yang akan dijalankan? berapa lama anda akan BEP? . Begitu pula seharusnya anda dalam bermain saham, anda harus tau akan membeli saham apa? bagaimana kinerja perusahaan dan pergerakan harganya di bursa? berapa prosentase keuntungan dan resiko kerugiannya? dan berapa lama validitas perkiraan anda terhadap posisi harga sebuah emiten?. lalu apakah anda mempertanyakan hal itu setelah mendaftar di perusahaan sekuritas? Banyak dari kita pada awal bermain saham tidak memikirkan hal tersebut, bermacam – macam penyebab tentunya bisa jadi karena “kemudahan” yang ditawarkan, melihat teman yang selalu cuan, modal kecil yang diperlukan dan lain sebagainya. tetapi itu bukanlah sebuah alasan yang bijak, tentu pertanyaan – pertanyaan sebelum melakuakn investasi di pasar saham, apalagi untuk melakukan analisapun anda masih tergantung pada orang, bahkan pada orang – orang yang hanya anda kenal lewat media sosial yang belum anda ketahui bagaimana karakter sebenarnya, Maka dari itu tidak ada kemudahan dalam pasar saham, Anda juga perlu mempelajari bagaimana mekanisme pasar ini berjalan, setidaknya anda perlu mempunyai pemahaman dasar terkait mekanisme itu.

ada baiknya sebelum anda melompat ke sebuah kolam, jika anda belum bisa berenang satu hal yang penting adalah pastikan anda tidak tenggelam.

Leave a comment