Orang daerah sebagai produsen

Fenomena bisnis online sangat mudah kita temui, biasanya mereka melakukannya melalui media social baik itu facebook, twitter maupun marketplace seperti kaskus, toko bagus dan berniaga mengalami perkembangan yang cukup baik dan potensi yang masih sangat besar seperti di lihat di sini. banyak dampak positif dari hal ini salah satunya bertambah variasinya pilihan pekerjaan dari masyarakat.

Diluar semua itu ada satu hal yang cukup membuat saya berpikir dan menduga – menduga hal ini di sebabkan karena sudah beberapa kali saya ke tempat jasa pengiriman barang dan selalu mendapati hal yang sama dimana ada beberapa orang yang cukup lama di depan kurir dengan kiriman yang cukup banyak bahkan mereka sudah seperti saling kenal dan akrab dan barang yang mereka kirim lebih banyak ke daerah, mungkin saja mereka sedang menyiapkan barang kepada reseller yang ada di daerah. yang menjadi pemikiran saya adalah apakah selamanya orang di daerah akan selalu menjadi pasar jika demikian adanya sebenarnya ada korelasi nya juga jika kita menarik ke tingkat lebih atas dimana negara kita juga akan selalu menjadi pasar dari negara – negara produsen.

Orang daerah (bukan kota besar) sebenarnya mempunyai potensi sebagai produsen tetapi memang harus di akui bahwa mereka masih kalah dalam pemasaran di tambah dengan tingkat kepercayaan diri yang masih tidak terlalu tinggi. Mungkin di sektor industri orang daerah bisa saja kalah tetapi di sektor lain harusnya mereka bisa menjadi produsen seperti di kerajinan, furniture, hasil pertanian dan perternakan. Bukannya tidak ada  sama sekali memang sudah ada pemain di sektor ini kebanyakan mereka adalah konglomerat kecil di desa atau daerahnya tetapi cara pemasaran mereka juga cenderung masih konvensional dan jumlah mereka tidak banyak. dengan adanya teknologi yang sudah masuk ke daerah – daerah harusnya mereka sudah bisa meniru cara pemasaran saudaranya yang ada dikota sehingga orang daerah bukan lagi sebagai pasar, mereka bisa juga menjadi produsen sehingga lebih banyak lagi konglemarat kecil di daerah – daerah.

Harapannya adalah dengan semakin banyak lapangan pekerjaan baik di kota besar maupun daerah maka akan semakin cepat tercipta pemerataan ekonomi baik untuk masyarakat kota dan daerah dan jangan sampai orang daerah yang notabene secara ekonomi masih banyak di bawah selalu di “paksa” mempunyai kebiasaan konsumtif.

jakarta,2013.11.24

Tagged ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: