Belajar Baik (Katanya)

Judul diatas sebenarnya adalah status whatsApp teman, tentunya tanpa kata “katanya”. sekilas tidak ada yang salah dengan apa yang dituliskannya tersebut, tetapi ga tau kenapa kata – kata ini selalu masuk dalam alam pikiran saya. yang menjadi pokok pikiran adalah:

  1. Apakah kita terlahir tidak baik? sehingga kita harus kembali belajar untuk menjadi baik. Saya pribadi berpendapat bahwa kita terlahir dengan menyimpan semua unsur kebaikan dan kesempurnaan tetapi bagaimana memunculkan semua potensi kebaikan dan kesempurnaan itu tergantung bagaimana “kesiapan diri kita” karena saya percaya bahwa “Semua yang baik berasal dari Tuhan dan yang buruk berasal dari alam manusia”. bahkan banyak tulisan – tulisan yang percaya hal ini, salah satunya seperti yang tergambar dari tulisan “Aku telah menciptakan engkau mulia, namun engkau telah merendahkan dirimu sendiri. Maka naiklah untuk mana engkau diciptakan
  2. Pertanyaan selanjutnya adalah kalau kita terlahir baik apa yang membuat kita tidak baik? seperti diatas, saya berpendapat apa yang membuat kita menjadi tidak baik hanyalah karena “ketidaksiapan kita”, kita tidak siap untuk mengembangkan potensi kebaikan kita sehingga kita terlalu mudah untuk terpengaruh dengan hal yang kurang baik. bagaimana cara mengembangkan potensi itu tentu saja bisa berbeda setiap individu dan hal tersebut merupakan hal yang wajar.
  3. Apa yang seharusnya kita pelajari agar menjadi baik? menurut saya tidak ada, kita hanya perlu untuk mengikuti naluri alami kita, naluri kemanusiaan kita yang merupakan anugrah yang paling besar untuk kita. bahkan menurut John Locke tentang pandangannya mengenai perkembangan masyarakat menjelaskan, keadaan alamiah sebuah masyarakat adalah situasi harmonis dimana semua manusia hidup berdasarkan hukum kodrat Tuhan, yaitu larangan untuk merusak dan memusnahkan kehidupan, kebebasan dan harta milik orang lain. baru setelah itu tercipta kondisi perang yang dipicu terciptanya uang.

maka dari itu menurut saya pribadi tanpa mengabaikan sudut pandang yang lain saya mengambil kesimpulan yang kita perlukan sebenarnya  bukanlah belajar untuk menjadi baik tetapi kita hanya perlu belajar untuk tetap baik.

 

Tagged ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: